Info Zonaku

Info Zonaku

10 Menit Memahami Sintaks Dasar JavaScript untuk Pemula

Introduction Javascript

Table of Contents

Pengertian Sintaks

Sintaks adalah aturan dan struktur yang digunakan dalam pemrograman untuk menulis kode yang dapat dipahami oleh komputer. Dalam pemrograman JavaScript, memahami sintaks dasar sangat penting untuk membangun fondasi yang kuat dalam pengembangan web. Dalam artikel ini, kami akan membahas sintaks dasar JavaScript yang perlu diketahui oleh pemula. Mari kita mulai!

Variabel dan Tipe Data

Variabel dan Tipe Data: Variabel digunakan untuk menyimpan dan merujuk ke nilai yang dapat berubah dalam program. Dalam JavaScript, Anda dapat mendeklarasikan variabel menggunakan kata kunci “var”, “let”, atau “const”. Berikut adalah contoh deklarasi variabel:

JavaScript memiliki beberapa tipe data dasar, termasuk angka (number), string (teks), boolean (benar/salah), objek (object), dan banyak lagi. Anda dapat menetapkan nilai ke variabel dengan tipe data yang sesuai, misalnya:

Komentar

Komentar: Komentar digunakan untuk memberikan penjelasan atau catatan di dalam kode Anda. Komentar tidak akan dieksekusi oleh komputer, sehingga berguna untuk memberikan penjelasan atau mengabaikan sebagian kode. Dalam JavaScript, terdapat dua jenis komentar:

Anda dapat menggunakan komentar untuk menjelaskan bagian kode tertentu, memberikan dokumentasi, atau sementara “menghapus” sebagian kode saat diuji.

Operasi Matematika

Operasi Matematika: JavaScript mendukung operasi matematika dasar seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), dan modulus (%). Berikut adalah contoh penggunaan operasi matematika dalam JavaScript:

Anda juga dapat menggunakan operator penugasan seperti +=, -=, *=, dan /= untuk memperpendek operasi matematika, misalnya:

Struktur Kontrol

Struktur Kontrol: Struktur kontrol digunakan untuk mengatur aliran eksekusi kode. Dalam JavaScript, terdapat beberapa struktur kontrol dasar, termasuk kondisional (if/else), perulangan (for, while, do-while), dan pernyataan pengembalian (return). Berikut adalah contoh penggunaan struktur kontrol dalam JavaScript:

Functions

Fungsi: Fungsi adalah blok kode yang dapat dipanggil dan dieksekusi. Dalam JavaScript, Anda dapat mendefinisikan fungsi menggunakan kata kunci “function”. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi dalam JavaScript:

Anda juga dapat mengembalikan nilai dari fungsi menggunakan pernyataan “return”, seperti yang ditunjukkan sebelumnya dalam contoh hitungLuasPersegi().

Dalam artikel ini, kami telah membahas sintaks dasar JavaScript yang perlu diketahui oleh pemula. Dari variabel dan tipe data hingga struktur kontrol dan fungsi, pemahaman yang kuat tentang sintaks dasar akan membantu Anda dalam membangun program JavaScript yang efektif dan dapat diandalkan. Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan mempelajari konsep-konsep yang lebih canggih dan memperluas kemampuan pemrograman Anda. Selamat belajar dan semoga sukses dalam perjalanan Anda dalam dunia JavaScript!

FOLLOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terkait