Info Zonaku

Info Zonaku

Berdasarkan data pada tabel di atas, tentukan fungsi permintaan (Qd) dan fungsi penawaran (Qs) dari barang “X” tersebut, dan tentukan titik keseimbangan pasar serta gambarkan grafik keseimbangan pasar tersebutt!

matematika ekonomi

Table of Contents

Dalam ilmu ekonomi, matematika sering digunakan untuk menganalisis fenomena ekonomi yang kompleks. Salah satu konsep kunci dalam ekonomi adalah fungsi permintaan dan fungsi penawaran. Kedua fungsi ini memainkan peran penting dalam menentukan harga dan kuantitas suatu barang atau jasa di pasar. Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta hubungannya dengan matematika ekonomi.

Fungsi Permintaan Fungsi permintaan menggambarkan hubungan antara harga suatu barang atau jasa dengan jumlah yang diminta oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Fungsi permintaan biasanya menunjukkan bahwa semakin rendah harga suatu barang, semakin banyak jumlahnya yang diminta, dan sebaliknya. Fungsi permintaan sering kali dinyatakan dalam bentuk persamaan matematika, seperti:

D = f(P)

Dalam persamaan tersebut, D adalah jumlah permintaan, P adalah harga barang atau jasa, dan f adalah fungsi yang menggambarkan hubungan antara D dan P.

Contoh sederhana fungsi permintaan adalah:

D = 100 – 2P

Dalam contoh di atas, jika harga (P) adalah 10, maka jumlah permintaan (D) adalah 80. Namun, jika harga meningkat menjadi 20, maka jumlah permintaan akan menurun menjadi 60. Ini menggambarkan bahwa semakin tinggi harga, semakin sedikit jumlah barang yang diminta.

Fungsi Penawaran Fungsi penawaran, sebaliknya, menggambarkan hubungan antara harga suatu barang atau jasa dengan jumlah yang ditawarkan oleh produsen atau penjual pada tingkat harga tertentu. Fungsi penawaran juga biasanya dinyatakan dalam bentuk persamaan matematika, seperti:

S = g(P)

Dalam persamaan tersebut, S adalah jumlah penawaran, P adalah harga barang atau jasa, dan g adalah fungsi yang menggambarkan hubungan antara S dan P.

Contoh sederhana fungsi penawaran adalah:

S = 2P

Dalam contoh di atas, jika harga (P) adalah 10, maka jumlah penawaran (S) adalah 20. Jika harga meningkat menjadi 20, maka jumlah penawaran akan menjadi 40. Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi harga, semakin banyak barang yang ditawarkan.

Titik Keseimbangan Dalam pasar yang ideal, titik keseimbangan tercapai ketika fungsi permintaan dan fungsi penawaran bertemu. Artinya, harga dan kuantitas suatu barang atau jasa yang ditawarkan dan diminta akan mencapai kesetimbangan di pasar. Titik keseimbangan ini sering disebut dengan istilah harga ekuilibrium dan kuantitas ekuilibrium.

Titik keseimbangan sangat penting dalam analisis ekonomi karena menunjukkan di mana pasar berada pada situasi optimal. Jika harga di atas titik keseimbangan, maka jumlah penawaran akan lebih besar daripada permintaan, yang menyebabkan surplus barang. Sebaliknya, jika harga di bawah titik keseimbangan, maka jumlah permintaan akan lebih besar daripada penawaran, yang menyebabkan defisit barang.

  1. Misalkan diketahui jumlah barang X yang diminta dan ditawarkan pada dua tingkat harga yang berbeda adalah seperti terlihat pada tabel berikut:
HargaJumlah Yang Diminta (Unit)Jumlah Yang Ditawarkan
(Rupiah) (Unit)
2400120180
2000160150

Berdasarkan data pada tabel di atas, tentukan fungsi permintaan (Qd) dan fungsi penawaran (Qs) dari barang X tersebut, dan tentukan titik keseimbangan pasar serta gambarkan grafik keseimbangan pasar tersebutt!

  • Berdasarkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran yang Anda peroleh pada soal nomor 1 di

atas, tentukan titik keseimbangan pasar yang baru apabila pemerintah mengenakan pajak penjualan perunit (pajak tetap) atas barang “X” tersebut sebesar Rp. 100 / unit. Berapa beban pajak yang ditanggung oleh konsumen dan beban pajak yang ditanggng produsen, dan berapa jumlah penerimaan pajak pemerintah

3. Tentukan titik keseimbangan pasar barang X apabila sekarang pemerintah mengenakan pajak proporsional atau pajak fungsional yaitu sebesar 10% dari harga jual (tP = 0.1P) Berapa beban pajak yang ditanggung oleh konsumen dan beban pajak yang ditanggng produsen, dan berapa jumlah penerimaan pajak pemerintah.

FOLLOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terkait