Info Zonaku

Info Zonaku

CARA MEMBUAT PERNYATAAN KUESIONER ATAU PERNYATAAN KUESIONER PENELITIAN DENGAN MUDAH

Table of Contents

Dalam dunia penelitian, kuesioner adalah alat yang penting untuk mengumpulkan data dari responden. Pernyataan kuesioner adalah elemen inti dalam sebuah kuesioner yang membantu peneliti untuk memperoleh informasi yang relevan dan diperlukan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Namun, membuat pernyataan kuesioner yang efektif dan akurat bukanlah hal yang mudah. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat pernyataan kuesioner penelitian dengan mudah.

Langkah 1: Tentukan Tujuan Penelitian Anda

Langkah pertama dalam membuat pernyataan kuesioner adalah menentukan tujuan penelitian Anda. Apa yang ingin Anda ketahui atau pelajari dari responden? Apa pertanyaan penelitian yang ingin Anda jawab? Definisikan tujuan penelitian dengan jelas sehingga Anda dapat merancang pernyataan kuesioner yang relevan dan sesuai.

2. Identifikasi Variabel dan indikator Penelitian

Identifikasi variabel penelitian adalah langkah penting untuk membuat pernyataan kuesioner yang tepat. Variabel penelitian adalah konsep, karakteristik, atau faktor yang ingin Anda teliti dalam penelitian Anda. Misalnya, jika penelitian Anda tentang kinerja karyawan, variabel penelitian bisa mencakup motivasi kerja, disiplin kerja dan lain sebagainya. Tentukan variabel-variabel yang relevan dengan tujuan penelitian Anda dan pastikan pernyataan kuesioner mencerminkan variabel-variabel tersebut dan indikatornya.

contoh

Variabel dan indikator

Motivasi kerja Menurut (Yusuf & Suci, 2018) dalam penelitian ini indikator motivasi kerja mengacu pada teori yang dikemukan oleh Abraham Maslow dalam Hasibuan (2012: 152), yaitu:   Kebutuhan fisiologisKebutuhan rasa aman (jaminan keselamatan)Kebutuhan Sosial (penyesuaian lingkungan kerja)Kebutuhan pengakuan (pemberian penghargaan)Kebutuhan aktualisasi diri (mendapatkan kepuasan versi diri sendiri)
Disiplin kerja Indikator disiplin kerja yang digunakan untuk mengukur disiplin kerja menurut Hasibuan (2017:115) KehadiranMematuhi PeraturanMengikuti cara kerja yang ditentukan perusahaanBertanggung jawab atas pekerjaannya
Kinerja Karyawan   Menurut John Miner dalam Emron Edison (2016:195), antara lain sebagai berikut (Syahsudarmi, 2016) : Hasil akhirTanggung jawabAturanTata tertibKinerja dalam kelompok

Langkah 3: Buat Pernyataan Kuesioner

Setelah mengidentifikasi variabel penelitian, langkah berikutnya adalah membuat pernyataan kuesioner. Pernyataan kuesioner harus dirancang untuk memperoleh informasi yang relevan dengan variabel penelitian. Berikut adalah beberapa tips dalam membuat pernyataan kuesioner:

a. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sederhana: Pastikan pernyataan kuesioner mudah dipahami oleh responden. Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau terlalu teknis. Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas agar responden dapat dengan mudah memahami pertanyaan.

b. Hindari Bias: Perhatikan untuk tidak memasukkan bias dalam pernyataan kuesioner. Hindari penggunaan kata-kata yang mengarahkan responden ke jawaban tertentu. Pernyataan kuesioner harus netral dan objektif agar responden dapat memberikan jawaban yang jujur dan tidak terpengaruh oleh sudut pandang peneliti.

c. Gunakan Skala Pengukuran yang Tepat: Jika pernyataan kuesioner mengharuskan responden memberikan penilaian atau tanggapan, pastikan untuk menggunakan skala pengukuran yang tepat. Misalnya, Anda dapat menggunakan skala Likert dengan pilihan jawaban “Sangat Setuju – Setuju – Netral – Tidak Setuju – Sangat Tidak Setuju” untuk mengukur tingkat setuju atau tidak setuju responden terhadap suatu pernyataan.

d. Hindari Pertanyaan Ganda: Pastikan setiap pernyataan kuesioner hanya mengandung satu pertanyaan. Hindari penggabungan dua pertanyaan dalam satu pernyataan, karena hal ini dapat menyebabkan kebingungan bagi responden dan menghasilkan data yang tidak akurat.

e. Uji Coba dan Revisi: Setelah Anda membuat pernyataan kuesioner, uji coba kuesioner dengan sekelompok kecil responden terlebih dahulu. Evaluasi apakah pernyataan kuesioner mudah dipahami dan relevan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil uji coba, lakukan revisi jika diperlukan untuk memastikan kuesioner yang akurat dan efektif. Di artikel ini kita akan meminta membuatkan Chat GPT dalam membuat pernyataan kuesioner seperti contoh di bawah ini

FOLLOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terkait