Info Zonaku

Info Zonaku

Jelaskan penyebab mengapa kurva kinked disebut juga dengan kurva patah

manajmen

Table of Contents

Jelaskan penyebab mengapa kurva kinked disebut juga dengan kurva patah

Jawaban : Bentuk kurva yang patah / tertekuk mengindikasikan adanya dua elastisitas permintaan untuk produk yang sama. Di pasar, ada beberapa perusahaan yang mendominasi dan masing-masing berusaha untuk memaksimalkan keuntungannya.

[Di pasar oligopoli, setiap perusahaan tahu bahwa jika mereka menurunkan harga jual produknya, maka tindakan tersebut akan segera diikuti oleh para kompetitornya. Tindakan balasan tersebut muncul karena perusahaan lain akan kehilangan pelanggan, karena sebagian dari pelanggan mereka akan membeli produk yang harganya lebih rendah. Keadaan ini akan mendorong perusahaan lain menurunkan harga, untuk menjaga agar pelanggan mereka tidak beralih ke perusahaan lain yang menjual produknya lebih murah.

Apabila satu perusahaan menaikkan harga jual produknya, maka harga produk kompetitornya secara relatif jadi lebih murah. Sebagai akibatnya, perusahaan yang menaikkan harga akan kehilangan pelanggan, karena sebagian pelanggan tersebut beralih ke perusahaan yang tidak menaikkan harga jual produknya. Dengan demikian, tidak ada alasan bagi perusahaan lain untuk mengubah harga produknya.

Sebuah perusahaan oligopolis menghadapi dua permintaan

Q1 = 200 – 10P adalah permintaan jika pesaing tidak bereaksi terhadap keputusan perusahaan.

Q2 = 100 – 4P adalah permintaan jika pesaing bereaksi terhadap keputusan perusahaan.

Gambar dan jelaskan kurva permintaan dan penerimaan marjinal (MR) yang relevan bagi perusahaan !

Jawaban :

Pada kurva permintaan yang relevan adalah ABF (garis tebal), Diatas P* sampai titik A, perilaku perusahaan tidak mengundang reaksi pesaing, sihingga kurva permintaan yang relevan adalah AB. Jika perusahaan menetapkan harga dibawah P* pesaing akan bereaksi, karena itu kurva permintaab yang relevan adalah BF. Sehingga kurva MR yang relevan adalag ACDE>.

Pada harga jual berapa pesaing akan bereaksi?

Jawaban : Perusahaan pesaing akan bereaksi jika harga jual yang ditetapkan lebih rendah dari P*. P* adalah titik potong Q1 dan Q2 maka,

Q1 = 200 – 10P

Q2=100–4P Dimana Q1 = Q2

200 – 10P = 100 – 4P

0=-100–6P P

= 16.67

Pesaing akan bereaksi jika perusahaan menjual barang dengan harga lebih rendah dari per

3. Jelaskan Ada berapakah sifat yang dimiliki dari barang publik! Jawaban :

Barang publik (public good) adalah suatu barang maupun jasa diproduksi maka produsen tidak memiliki kemampuan dalam mengendalikan siapa saja yang berhak mendapatkannya.

Menurut Fauzi (2004), barang public memiliki dua sifat, yaitu :

a. Tidak ada ketersaingan (Non-rivalry) atau tidak habis (non-divisible).

Artinya, bahwa dalam hal mengkonsumsi, seseorang terhadap barang publik tidak akan berpengaruh (berkurang) dengan konsumsi orang lain terhadap barang yang sejenis. Contohnya adalah udara yang kita hirup, dalam kondisi tertentu tidak akan berkurang bagi orang lain untuk menghirupnya.

b. Tidak ada larangan (Non-excludable).

Maksudnya, tidak ada larangan bagi orang lain dalam mengkonsumsi barang yang sama. Contohnya adalah siaran TV maupun Radio yang merupakan barang publik.

4. Jelaskan beberapa kelemahan dalam pemberian subsidi untuk mengatasi polusi! Jawaban :

Kelemahan dalam pemberian subsidi untuk mengatasi polusi, yaitu :

–     Pemerintah diharuskan mengetahui tingkat produksi yang diterapkan oleh pabrik tanpa adanya subsidi. Hal ini memerlukan banyak waktu jadi kurang efisien.

–     Analisa yang digunakan statis dan bersifat jangka pendek karena tidak memperhatikan kemungkinan bertambahnya jumlah pabrik yang menimbulkan polusi.

–     Menyebabkan timbul distorsi lokasi.

5. Jelaskan jenis-jenis eksternalitas yang ditinjau dari segi dampaknya!

Jawaban :

Ditinjau dari segi dampaknya, jenis-jenis eksternalitas ada dua, yaitu :

–       Eksternalitas positif merupakan dampak yang menguntungkan dari suatu tindakan yang dilakukan oleh suatu pihak terhadap orang lain tanpa adanya kompensasi dari pihak yang diuntungkan. Contohnya adalah ada sebuah keluarga yang memperbaiki rumahnya sehingga keluarga tersebut membuat keseluruhan lingkungan sekitar menjadi bagus sehingga menghasilkan keuntungan eksternal kepada para tetangga.

–     Eksternalitas negatif merupakan dampak yang merugikan dari suatu tindakan yang dilakukan oleh suatu pihak terhadap orang lain tanpa adanya kompensasi dari pihak penghasil kerugian. Contohnya adalah di daerah industri, pabrik-pabrik sering mencemari udara dari produksi output, misalnya, dan orang-orang di sekitarnya harus menderita konsekuensi negatif dari udara yang tercemar meskipun mereka tidak ada hubungannya dengan memproduksi polusi.

FOLLOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terkait