Info Zonaku

Info Zonaku

Mendalaminya HTML Hyperlink: Tautan Target, Link Absolute, Relative, dan Tautan ke Email

HTML LINK

Table of Contents

Dalam dunia HTML, hyperlink adalah komponen yang sangat penting untuk menghubungkan berbagai halaman dan sumber daya. Namun, terdapat beberapa variasi hyperlink yang perlu dipahami agar pengalaman pengguna semakin lengkap dan optimal. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan perbedaan antara tautan target, link absolute, link relative, dan tautan ke email, serta memberikan contoh penggunaannya.

1. Tautan Target (_blank, _self, _parent, _top)

Tautan target menentukan di mana dokumen atau sumber daya yang dihubungkan akan dibuka ketika pengguna mengklik tautan. Terdapat beberapa nilai atribut target yang dapat digunakan:

  • _blank: Tautan akan dibuka di tab atau jendela baru.
  • _self: Tautan akan dibuka di frame atau jendela yang sama di mana tautan tersebut berada.
  • _parent: Tautan akan dibuka di frame parent dari frame di mana tautan tersebut berada.
  • _top: Tautan akan dibuka di jendela paling atas, menggantikan semua frame.

Contoh penggunaan tautan target:

2. Link Absolute

Link absolute adalah tautan yang menggunakan URL lengkap untuk mengarahkan pengguna ke sumber daya atau halaman. URL lengkap mencakup protokol (misalnya, https://), nama domain, jalur, dan nama file sumber daya.

Contoh penggunaan link absolute:

3. Link Relative

Link relative adalah tautan yang hanya menggunakan bagian jalur dan nama file sumber daya yang relatif terhadap halaman saat ini. Ini berarti tautan akan mengarahkan pengguna ke sumber daya atau halaman di dalam direktori yang sama atau sub-direktori dari halaman saat ini.

Contoh penggunaan link relative:

Jika halaman saat ini berada di “https://website-anda.com/direktori/halaman.html“, maka tautan berikut akan mengarahkan pengguna ke “https://website-anda.com/direktori/halaman-lain.html“.

4. Tautan ke Email

Selain menghubungkan ke halaman web, HTML hyperlink juga dapat digunakan untuk menghubungkan ke alamat email. Dengan menggunakan atribut href="mailto:", pengguna dapat mengirimkan email langsung ke alamat yang ditentukan.

Contoh penggunaan tautan ke email:

Kesimpulan

Hyperlink adalah elemen yang penting dalam HTML untuk menghubungkan berbagai halaman, sumber daya, dan alamat email. Dengan memahami perbedaan antara tautan target (_blank, _self, _parent, _top), link absolute, link relative, dan tautan ke email, pengembang dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih lengkap dan optimal dalam menjelajahi dunia web. Memanfaatkan kemampuan-kemampuan ini secara bijaksana akan membantu menciptakan pengalaman interaktif dan responsif bagi pengguna di berbagai platform dan perangkat.

FOLLOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terkait

css4
CSS
Luhur Sutekno

Menggali Lebih Dalam: Menguasai Animasi dan Transisi dengan CSS 4

Transisi adalah cara yang sempurna untuk memberikan perubahan yang halus dan menarik pada elemen-elemen di halaman web. Dalam CSS 4, kita dapat menggunakan properti transition untuk mengontrol efek transisi antara nilai-nilai properti tertentu. Properti ini memungkinkan kita untuk mengatur durasi, penundaan, fungsi-timing, serta properti mana yang ingin kita terapkan transisinya.

Read More »