Info Zonaku

Info Zonaku

Mengenal HTML untuk Pemula: Dasar-Dasar Struktur, Tag, dan Membuat Halaman Web Sederhana

html

Table of Contents

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa pemrograman dasar yang digunakan untuk membuat halaman web. Jika Anda seorang pemula yang tertarik memahami cara dasar membuat halaman web, maka Anda berada di tempat yang tepat! Artikel ini akan memberikan pengenalan lengkap tentang HTML, struktur dasarnya, serta bagaimana menggunakan tag dan elemen untuk menghasilkan halaman web sederhana.

Apa itu HTML?

HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk menyusun dan mempresentasikan konten pada halaman web. Singkatnya, HTML adalah tulang punggung dari setiap situs web yang kita lihat. Bahasa ini berfungsi sebagai kerangka dasar yang memberi tahu browser bagaimana menampilkan konten dalam bentuk teks, gambar, video, dan elemen-elemen lainnya.

Struktur Dasar HTML

Sebelum kita mulai menciptakan halaman web, mari kita pelajari struktur dasar dari setiap halaman HTML. Setiap halaman harus dimulai dengan deklarasi DOCTYPE, yang memberi tahu browser bahwa kita menggunakan versi HTML yang mana. Kemudian, kita membutuhkan elemen <html> sebagai kontainer utama halaman.

Mengenal Tag dan Elemen

HTML terdiri dari berbagai tag dan elemen yang mendefinisikan bagian-bagian berbeda pada halaman web. Setiap tag ditempatkan di antara tanda “less-than” (<) dan “greater-than” (>) dan berfungsi sebagai perintah untuk browser tentang bagaimana mengatur dan menampilkan konten.

Contoh tag HTML yang umum digunakan meliputi:

  • <head>: Bagian ini berisi informasi meta tentang halaman web, seperti judul, deskripsi, dan referensi ke file CSS atau JavaScript.
  • <body>: Bagian ini berisi semua konten yang akan ditampilkan di halaman web, seperti teks, gambar, video, dan lainnya.
  • <h1>, <h2>, <h3>, dan seterusnya: Tag-heading digunakan untuk membuat judul atau sub-judul pada halaman.
  • <p>: Tag paragraf digunakan untuk menampilkan teks dalam paragraf.

Membuat Halaman Web Sederhana

Mari kita lihat contoh sederhana membuat halaman web dengan HTML. Berikut adalah struktur dasar halaman web:

Setelah mengetahui dasar-dasar HTML dan tag yang paling umum digunakan, Anda dapat mulai mengembangkan keterampilan dalam menciptakan halaman web yang lebih kompleks dengan menambahkan gambar, tautan, tabel, dan formulir. Semoga artikel ini memberikan pemahaman awal yang baik tentang HTML dan memberi Anda kepercayaan diri untuk mulai mencoba membuat halaman web sederhana sendiri. Selamat berkarya dan selamat mengeksplorasi dunia HTML!

FOLLOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terkait

css4
CSS
Luhur Sutekno

Menggali Lebih Dalam: Menguasai Animasi dan Transisi dengan CSS 4

Transisi adalah cara yang sempurna untuk memberikan perubahan yang halus dan menarik pada elemen-elemen di halaman web. Dalam CSS 4, kita dapat menggunakan properti transition untuk mengontrol efek transisi antara nilai-nilai properti tertentu. Properti ini memungkinkan kita untuk mengatur durasi, penundaan, fungsi-timing, serta properti mana yang ingin kita terapkan transisinya.

Read More »