Info Zonaku

Info Zonaku

Sebutkan dan jelaskan jasa-jasa yang diberikan oleh Bank Umum dan Bank syariah!

akuntansi bank dan lembaga non bank

Table of Contents

Sewa guna usaha atau leasing dapat menjadi alternatif sumber pembiayaan baik bagi perorangan maupun perusahaan dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan sumber pembiayaan lainnya. Sebutkan dan jelaskan kelebihan dan kelemahan leasing dibandingkan dengan sumber pembiayaan lainnya!

Kelebihan Produk Leasing, yaitu

  • Pembiayaan Penuh

Dalam melakukan leasing tidak perlu menyediakan uang muka dan pembiayan dilakukan sampai 100% (full pay out).

  • Fleksibilitas

Pihak lesse dapat memilih skema pembayaran angsuran yang menguntungkan baginya.

  • Penghematan modal

Leasing memungkinkan lessee untuk menghemat modal kerja sehingga kelebihan modal kerja yang ada dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

  • Off Balance Sheet

Tidak ada ketentuan yang mengharuskan untuk mencantumkan transaksi leasing dalam neraca perusahaan. Oleh karena itu, prosedur pembelian asset tidak perlu dipenuhi secara terperinci.

  • Diversifiakasi pembiayaan

ssee memiliki alternatif sumber pembiayaan selain bank. Walaupun suatu perushaan telah memperoleh kredit dari bank, masih dimungkinkan memperoleh pembiayaan lain dari leasing tanpa mengganggu kredit yang diperoleh.

  • Perlindungan akibat kemajuan teknologi

Dengan memanfaatkan leasing, lessee dapat terhindar dari kerugian akibat barang yang disewa mengalami ketinggalan model atau sistem sebagai dampak pesatnya teknologi.

  • Proteksi inflasi

Leasing dapat memberikan proteksi terhadap inflasi khususnya apabila leasing berdasarkan tarif suku bunga tetap.

Kelemahan

  1. Bila dibandingkan dengan kredit investasi dari bank, pembiaya secara leasing relatif lebih mahal. Juga, kadang kala pembeli secara tunai justru lebih murah daripada leasing. Hal ini terjadi karena sumber dana lessor pada umumnya dari bank atau lembaga keuangan bukan bank. Namun meski demikan, leasing tetap dilakukan karena beberapa sebab.
  2. Barang modal dari pembiayaan leasing tidak dapat dijadikan jaminan untuk memperoleh kredit dari bank. Lessor dapat menarik barang modal dari lessee melanggar perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

Hilangnya prestise karena barang modal yang digunakan lessee bukan merupakan miliki sediri. Selama masa leasing, barang modal adalah tetap menjadi hak miliki lessor bukan miliki lessee.

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.35/POJK.05/2015 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Modal Ventura, uraikanlah:

  1. pengertian usaha modal ventura
  2. kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh perusahaan modal ventura

pihak-pihak yang terkait dalam mekanisme modal ventura

  1. a. Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan no.35/POJK.05/2015 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Modal Ventura, Usaha modal ventura adalah usaha pembiayaan melalui penyertaan modal dan/atau pembiayaan untuk jangka waktu tertentu dalam rangka pengembangan usaha pasangan usaha atau debitur, baik secara konvensional maupun berprinsip syariah.

b. kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh perusahaan modal ventura meliputi:

‐    Penyertaan modal (equity participation),

‐     Penyertaan melalui pembelian obligasi konversi (quasi equity participation),

‐     Pembiayaan melalui pembelian surat utang yang diterbitkan Pasangan Usaha pada tahap rintisan awal (start‐up) dan/atau pengembangan usaha,

‐     Pembiayaan usaha produktif, dan/atau

‐     Mengelola dana ventura.

Selain itu, perusahaan modal ventura dapat menyelenggarakan kegiatan usaha lain, seperti:

‐    Kegiatan jasa berbasis fee, dan/atau

‐     Kegiatan usaha lainnya yang disetujui oleh OJK.

Untuk Perusahaan modal ventura syariah dapat menyelenggarakab usaha modal ventura syariah, yang meliputi:

‐     Investasi yang terdiri dari:

  1. Penyertaan saham (equity participation),
  2. Pembelian sukuk atau obligasi syariah konversi,
  3. Pembelian sukuk atau obligasi syariah yang diterbitkan pasangan usaha pada tahap rintisan awal (start-up) dan/atau pengembangan usaha.
  4. Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil.

‐     Pelayanan jasa

‐     Kegiatan usaha lain berdasarkan persetujuan OJK.

c. pihak-pihak yang terkait dalam mekanisme modal ventura, yaitu:

‐    Pemilik modal

Modal biasanya berasal dari berbagai sumber yang kemudian dihimpun dalam atu wadan dan lembaga khusus yang disebut dengan venture capital funds.

‐    Professional

Dalam perusahaan modal ventura berkumpul para professional yang memiliki keahilian dalam pengelolaan investas dan mencari investasi yang potensial. Professional ini berupa lembaga yang disebut dengan perusahaan manajemen atau management venture/capital fund company.

‐ Perusahaan yang mebutuhkan dana/atau modal, disebut dengan investee company atau perusahaan pasangan usaha (PPU) atau debitur. Dalam pengelolaannya, modal ventura di Indonesia tidak mengenal pemisahaan antara venture capital fund dengan management capital company sehigga perusahaan modal ventura yang telah memperoleh izin usaha dapat mengelola an dikelola oleh perusahaan modal ventura lainnya.

FOLLOW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terkait